Jumat, 09 November 2007

Tahukah kita apa itu KILLER STATEMENT & SELF TALK

Pendidikan anak bukanlah suatu perkara yang gampang. Coba perhatikan pengalaman mendidik anak yang dibagikan pada kita :

Sebagai orangtua jangan sekali-kali :

  1. menggunakan statement yang membunuh, apa lagi berulang-ulang, misalnya kamu bodoh, kamu tidak mampu, kamu tidak ada bakat, kamu malas, kamu pemalu, dan lain-lain kalimat yang mematikan, dalam berkomunikasi dengan anak setiap saat.
  2. jangan membiarkan anak selalu mengatakan kalimat atau kata-kata yang sama saat dia bercakap-cakap dengan kita misalnya saya tidak bisa, saya tidak bisa menggambar, saya tidak bisa bermain musik, saya malu dan lain-lain yang menjadikan self talk negative bagi dirinya.
Killer Statement atau self talk negative, semuanya akan terbawa dan terekam dalam batang otak tertua (sistim limbik) atau otak bawah sadar anak. Jika ini dibiarkan terus menerus si anak akan mengkondisikan dirinya seperti apa yang dia rasakan dan dia terima --> Begitu rangsangan yang diterima melalui pancaindera, maka segera sistim-limbiknya bekerja dan memberikan sinyal negative, pada otak untuk berperilaku atau di ekspresikan keluar !
Makin bertambah usia, makin menguat, sehingga akan lebih sulit untuk berubah (merubah diri)

Ketika masa perkembangan dan pertumbuhan, hendaknya orangtua memberikan penjagaan yang baik bagi anak-anaknya.

Semoga membantu.


source : kkjj



SMARTLIFE
www.smartinlife.com
for counseling : counselling@smartinlife.com


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

Tidak ada komentar: